BLOG

ImgBlogTips Dekorasi Hemat untuk Rumah Minimalis

Permata Mutiara Maja: Tips Dekorasi Hemat untuk Rumah Minimalis

Permata Mutiara Maja, TangerangKetika Anda membeli rumah baru apalagi dengan tipe minimalis, maka Anda akan menemukan rumah tersebut belum memiliki furnitur sehingga kondisi dan luas ruangan akan terlihat secara jelas. Rumah minimalis memang memiliki ciri khas ruangan kecil namun tetap nyaman sehingga pilihan dekorasi akan cukup terbatas.

Tapi jangan khawatir, keterbatasan ruang dekorasi dapat dijadikan kelebihan bagi dekorasi rumah minimalis. Salah satu cara untuk mendekorasi rumah minimalis adalah dengan memilih furnitur yang tepat. Furnitur adalah salah satu elemen dekorasi yang penting bagi setiap rumah. Dengan furnitur yang tepat, maka rumah akan terasa jauh lebih nyaman.

Oleh karena itu, Anda harus bijak dalam memilih furnitur. Untuk itu, buatlah daftar kebutuhan furnitur rumah yang diseusaikan dengan konsep dekorasi yang Anda inginkan. Perhatikan bahwa fungsionalitas dan kenyamanan adalah prioritas utama ketika mendekorasi rumah minimalis. Jangan pernah membeli furnitur untuk sekedar mengikuti tren belaka, karena rumah merupakan tempat untuk Anda melepas lelah, berlindung dari panas dan hujan.

Jadi, Anda harus benar-benar memperhatikan kebutuhan rumah dan kenyamanan ketika furnitur telah berada pada tempatnya. Ingatlah rumah minimalis merupakan rumah dengan konsep ruang kecil dan nyaman yang fungsi maksimal. Oleh karena itu diperlukan sentuhan khusus dalam mendekorasi rumah minimalis. Simak selengkapnya di sini.

Buat Perencanaan dan Budgeting

Hal yang harus Anda lakukan pertama adalah membuat perencanaan. Perencanaan merupakan sebuah ringkasan dari konsep dan biaya yang akan Anda keluarkan. Jangan khawatir dengan furnitur mahal karena di pasaran terdapat banyak furnitur berkualitas dan berharga murah yang dapat Anda gunakan. Untuk memulai perencanaan dan budgeting, Anda harus rajin dan jeli dalam melihat harga-harga furnitur di pasaran. Tetapkan dalam perencanaan Anda skala prioritas. Mulai dari prioritas terpenting seperti furnitur yang memiliki fungsi penting hingga furnitur yang hanya bersifat dekoratif. Beberapa furnitur yang memiliki fungsi penting seperti sofa, kasur, lemari, dan meja bisa Anda prioritaskan terlebih dahulu. Untuk furnitur yang bersifat dekoratif seperti vas bunga, hiasan lampu, dan wallpaper dinding dapat Anda tempatkan pada daftar prioritas paling belakang setelah semua furnitur fungsional terpenuhi. Selanjutnya, Anda harus memperhatikan hal berikut ini.

Perhatikan Ukuran Ruangan Sebagai Patokan Memilih Furnitur

Dalam rumah minimalis ukuran merupakan kunci dari keberhasilan sebuah konsep dekorasi. Banyak ahli desain interior yang menyarankan untuk memakai formula 30-70, yaitu 30 untuk furnitur dan 70 untuk ruang gerak. Artinya, Anda harus menyesuaikan ukuran ruangan dengan volume dan jumlah funritur. Ukuran dan luas setiap ruangan di dalam rumah merupakan patokan yang wajib Anda gunakan sebagai dasar untuk memilih furnitur rumah. Dengan memperhatikan ukuran dan luas ruangan Anda dapat dengan mudah mendekorasi ruangan dengan berbagai furnitur tanpa mengorbankan ruang gerak. Oleh karena itu, prinsipnya ruang gerak haruslah lebih besar daripada ruangan yang diisi oleh furnitur.

Sesuaikan Dekorasi Dengan Konsep Ruangan

Banyak konsep dekorasi ruangan yang dapat Anda terapkan di dalam rumah untuk mempercantik tampilan rumah. Anda dapat menggunakan konsep klasik, minimalis, kontemporer, ataupun modern. Masing-masing konsep tersebut tentu menuntut bentuk furnitur yang berbeda-beda. Nah, jika rumah Anda dibangun dengan konsep desain interior klasik, maka Anda dapat memilih furnitur dengan banyak lekukan, seperti kursi sofa berukir, meja dengan kaki-kaki lengkung dan sebagainya. Sebaliknya jika Anda memiliki konsep desain interior modern, Anda dapt memilih furnitur yang didominasi oleh bentuk dan garis tegas. Seperti sofa dengan lengkung tunggal yang tegas, atau meja dengan satu kaki lurus dan sebagainya. Oleh karena itu, sebelum memilih furnitur ketahui dahulu konsep desain apa yang akan Anda terapkan.

Gunakan Material Furnitur yang Tepat

Material furnitur juga memegang peranan yang penting dengan pemilihan konsep desain Anda. Namun tentu Anda pasti lebih tahu bahwa furnitur kayu jati lebih baik daripada furnitur cardboard atau bahkan plastik. Namun, Anda tidak dapat memilih bahan furnitur sembarangan untuk semua jenis konsep desain. Misalkan, untuk konsep desain ruangan modern lebih cocok menggunakan furnitur monokrom yang terbuat dari besi atau alumunium. Sedangkan untuk konsep desain ruangan klasik, Anda dapat memilih furnitur berbahan kayu dan beludru.

Ekspresikan Konsep Dekorasi Melalui Warna

Salah satu hal terpenting lainnya dalam memilih furnitur adalah memperhatikan warnanya. Pemilihan yang tepat akan memberikan gradasi warna yang mampu memanjakan mata Anda sehingga ruangan akan terasa lebih nyaman ditinggali. Apa saja warna yang harus Anda perhatikan sebelum memilih furnitur? Pertama Anda harus memperhatikan warna dinding. Anda juga dapat mengubah warna dinding yang dapat disesuaikan dengan furnitur. Jadi pemilihan warna furnitur akan sangat bergantung dengan kreativitas Anda. Kedua, Anda harus menyesuaikan warna dengan konsep desain. Jika Anda memilih konsep desain ruangan bergaya minimalis, maka warna yang dipilih dapat seperti ini. Dinding berwarna putih, furnitur dapat berwarna abu, gelap, dan coklat.

Yang Terpenting Perhatikan Ketersediaan Dana Tak Masalah Jika Mencicil Furnitur

Pada tahap awal tadi Anda sudah melakukan perencanaan furnitur dan dekorasi rumah. Untuk  hal ini penting karena akan mempengaruhi prioritas Anda. Jangan langsung membeli semua furnitur yang ada pada daftar rencana Anda. Ingatlah, kenyamanan dan fungsi adalah prioritas Anda sehingga bisa saja di tengah perjalanan Anda akan merubah prioritas. Oleh karena itu alokasikan dana sesuai dengan kebutuhan ruangan dan rumah Anda. Jangan sampai Anda membeli furnitur yang ternyata belum terlalu dibutuhkan. Bijaksanalah dalam mengalokasikan dana untuk furnitur.

Tips di atas dapat Anda terapkan dalam mendesain ruangan di rumah Anda. Permata Mutiara Maja adalah perumahan yang berlokasi di Kota Maja dan memiliki akses transportasi baik karena terintegrasi langsung dengan Stasiun Maja. Setiap unit rumah minimalis di Permata Mutiara Maja didesain dengan mengedepankan kenyamanan dan fungsi setiap ruangan yang bisa dimaksimalkan sesuai dengan selera dan konsep yang Anda miliki. (ADR). 

ImgWaNow wa