BLOG

ImgBlogTips Membuat Hunian Wangi Setiap Hari

Permata Mutiara Maja: Jadikan Hunian Wangi Setiap Hari Dengan Tips Ini

Permata-mutiara-maja.id, Banten- Salah satu ciri rumah sehat yang baik adalah rumah yang bebas dari bebauan tidak sedap. Selain dengan membersihkan rumah setiap saat, Anda juga harus memberikan sentuhan wewangian untuk mengusir hama-hama jahat seperti lalat dan kecoa. Studi mengungkapkan bahwa hunian yang wangi lebih cenderung bebas dari hama rumah tangga karena beberapa jenis serangga akan menghindari weangian seperti wangi jeruk, kopi, dan lain sebagainya.

Nah untuk memberikan sentuhan weangian yang menenangkan dan menyenangkan, beberapa Ibu rumah tangga ada yang memasang pewangi sintentis, namun perlu diketahui bahwa pewangi sisntetis akan berbahaya jika terlalu sering Anda hirup. Bukankah Anda tidak ingin keluarga Anda terancam bahaya kesehatan karena pewangi sintetis?

Permata Mutiara Maja ingin membagikan tips membuat ruma tetap wangi dengan cara alami. Banyak cara yang dapat digunakan untuk membuat rumah wangi setiap hari. Bahan yang digunakanpun cukup sederhana dan bisa didapatkan dengan mudah. Beberapa cara paling sederhana untuk membuat rumah wangi adalah dengan membuat ventilasi udara agar udara di dalam rumah dapat bergerak leluasa. Pun untuk membuat ventilasi sangat mudah, Anda hanya perlu membuka jendela dan pintu untuk beberapa saat dan membiarkan udara saling bertukar.

Penggunaan ventilasi sederhana memang efektif menghilangkan bau tidak sedap, tapi dengan memanfaatkan tips ini hunian akan senantiasa lebih wangi setiap hari.

Tanaman Hidup Dalam Pot

Banyak manfaat yang bisa dipetik dengan memelihara tanaman di dalam rumah. Selain indah dan membuat rumah terasa manis, tanaman juga mampu membersihkan udara sehingga rumah akan tetap wangi dan segar. Beberapa tanaman juga memiliki aroma yang mampu memperbaiki mood dan menjadikan Anda lebih rileks.

Nah, apa saja tanaman yang bisa Anda pelihara di dalam pot di rumah? Banyak sekali jenis tanaman yang bisa Anda pelihara diantaranya Geranium, Arabian Jasmine, Sedap Malam, eukaliptus, Gardenia, Anggrek dan Kuba Oregano. Jenis tanaman tersebut memiliki aroma khas yang bisa memperbaiki mood penghuni.

Pandan yang Dibenci Nyamuk Namun Disukai Keluarga

Sebagai sebuah negara tropis dengan iklim udara panas dan lembab, nyamuk merupakan hal yang paling sering Anda hadapai setiap hari di dalam rumah. Untuk membuat nyamuk tidak betah berada di dalam rumah, Anda bisa membuat rumah wangi sepanjang hari. Daun pandan dapat Anda gunakan sebagai pewangi alami rumah. Aroma daun pandan juga tidak disukai oleh nyamuk sehingga nyamuk akan pergi dari rumah Anda.

Untuk membuat pewangi alami dari daun pandan Anda dapat menyiapkan sebuah mangkuk dan beberapa lembar daun pandan. Iris tipis daun pandan dan masukan ke dalam mangkuk. Simpan mangkuk tersebut di atas rak, closet, atau sudut ruangan. Tunggulah beberapa saat hingga aroma pandan menyebar ke seluruh ruangan.

Biji Kopi Sebagai Pewangi Alami

Kopi memang dikenal sebagai bahan penghilang bau tak sedap. Nah jika rumah Anda terkesan sumpek karena minim ventilasi, Anda dapat memanfaatkan biji kopi sebagai penyegar ruangan. Caranya sangat mudah, didihkanlah air kemudian masukan biji kopi yang telah digiling. Setelah itu, biarkan aroma didihan kopi menyebar ke seluruh penjuru ruangan. Anda juga dapat meletakan semangkuk biji kopi di sudut ruangan dan membiarkannya beberapa saat agar aromanya dapat menyebar. Namun ingat, Anda juga harus senantiasa membiarkan udara bergerak di dalam rumah dengan rutin membuka jendela agar suasana segar dan asri tetap terjaga.

Manfaatkan Rebusan Kulit Jeruk dan Apel

Selain biji kopi dan daun pandan, rebusan kulit jeruk dan apel juga dapat dimanfaatkan sebagai pewangi alami di dalam rumah. Dengan memanfaatkan rebusan kulit jeruk dan apel akan menghadirkan aroma buah-buahan yang segar di dalam rumah. Caranya sangat mudah, Anda cukup memotong kulit jeruk dan apel. Kemudian potongan kulit jeruk dan apel tersebut Anda jemur hingga kering. Kemudian kulit jeruk dan apel yang telah kering tersebut Anda masukan ke dalam panci, Anda dapat menambahkan beberapa butir cengkeh. Setelah mendidih, masukanlah ke dalam toples. Percikan air hasil rebusan tersebut dapat Anda manfaatkan sebagai pewangi ruangan.

Menggunakan Dryer Sheets

Jika rumah Anda memiliki udara yang cenderung lembab, Anda dapat memanfaatkan dryer sheets. Kertas pengering ini biasanya ditemukan di dalam mesin cuci atau lemari untuk menyerap kelembaban yang bisa merusak kain. Nah, dryer sheets ternyata sangat efektif untuk menyerap kelembaban udara, oleh karena itu Anda dapat memasang dryer sheets di ruangan yang cenderung lembab seperti ruang dapur dekat kamar mandi.

Membersihkan Rumah Setiap Hari

Tips terakhir yang tak boleh Anda lupakan untuk membuat rumah wangi setiap hari adalah dengan rajin membersihkan rumah. Rajinlah membersihkan rumah terutama pada bagian-bagian yang sulit di bersihkan seperti di sudut meja, kolong kursi, dan ranjang. Selain itu, Anda juga harus rajin membuang sampah yang menumpuk di tong sampah di dalam rumah. Dengan kondisi rumah yang senantiasa bersih, maka rumah Anda akan tetap segar dan wangi.

Demikianlah tips yang bisa Anda gunakan untuk membuat rumah wangi setiap hari. Permata Mutiara Maja merupakan perumahan yang mengedepankan aspek kesehatan penghuni sehingga setiap rumah di Permata Mutiara Maja memiliki ventilasi udara yang akan menjaga kesegaran udara di dalam rumah. (ADR).

 

ImgWaNow wa